Dalam sejarah produksi sepeda gazelle setelah hampir 60 tahun kemudian
barulah para teknisi dan pengembang dibagian unit produksi gazelle
berpikir untuk menciptakan tromol perseneling sendiri yg teknologi
maupun bentuknya tidak sama dengan tromol perseneling yg sudah beredar
di pasaran seperti Sturmey Archer , Brampton , Rotax , merk Torpedo dari
F&S , BSA , Hercules , dll. Akhirnya di tahun 1968 dimulailah
memproduksi tromol perseneling dgn model dan teknologi unggulan mereka
sendiri , namun setelah berjalan sekitar 2 tahun kurang lebih dan
produksinya kurang dari 50 ribu unit , akhirnya unit produksi ini di
tutup karena merugi akibat cost pembuatan tromol ini sangat mahal dan
harga jualnya menjadi tidak masuk akal lagi serta di pasaran pun sudah
jenuh dengan produk sejenis dari berbagai merk sebagai mana yg kami
sebutkan diatas , akhirnya tahun 1970 an di berhentikan total . setelah
40 tahun kemudian barang-barang yg tersisa dari tromol perseneling asli
buatan gazelle ini hanya tinggal sedikit di perkirakan hanya beberapa
ratus buah tersebar di belanda , Belgia , German dan beberapa negara
lainnya ............sedangkan di Indonesia barang ini termasuk langka
bahkan hampir tidak di kenal , hal ini bisa ditanyakan ke orang tua-tua
yg mengerti tentang sejarah sepeda gazelle semua akan mengatakan tidak
ada tromol perseneling asli merk Gazelle , yg mereka tahu adalah
perseneling merk Sturmey Archer dgn lubang ruji 36 lah yg mwerupakan
perseneling yg banyak terpasang pada sepeda merk Gazelle !!! Mereka
benar mengingat terbatasnya informasi , apalagi setelah peristiwa G 30 S
/PKI pecah dan ke agenan gazelle di Indonesia berakhir , maka putuslah
kontak dan informasi serta perkembangan dunia sepeda baik sepeda gazelle
maupun sepeda belanda lainnya . Tromol perseneling yg kami tampilkan
disini Asli kami import dari belanda , kondisinya masih berfungsi dengan
baik dan normal , kroom masih aslinya dan masih sangat putih sekali ,
diatas 90 % , tidak ada yg rusak atau terkelupas , perhatikan bentuk
gir kriwilnya yg berbeda dibagian tengahnya yg tidak memakai model di
pasak ring untuk memasangnya seperti umumnya tromol perseneling tetapi
model draat - draatan seperti model rem torpedo , hal ini berbeda dgn
tromol perseneling gazelle dari seri yg lebih tua kepala 0 , 1 , 2 yg
masih memakai sistem di tahan ring , Sedangkan kondisi gigi kriwielnya
sendiri masih tumpul semuanya , selain itu mur kiri kanan dan ass
tengah semuanya dijamin aslinya , perhatikan bentuknya yg berbeda yg
merupakn ciri khas tromol gazelle ini , kroom keduanya masih putih
semua . tutup tromol dan kanvas rem didalam serta tanganan kawat rem
tetap menunjukan ciri khas tromol gazelle . Kampas rem super tebal bila
di rem masih dangkal sekali , Harap di perhatikan bahwa Tromol
perseneling ini adalah produksi yg ke sembilan belas ribu seratus lima
puluh tiga ( 19.153 ) , nomer produksi ini tidak melampaui angka 50
ribu unit .....artinya tidak ada kepala 5 serinya . Bagi anda yg
mempunyai sepeda gazelle istimewa dan ingin memakai perseneling untuk
kenyamanan dalam mengendarai sepeda untuk jarah jauh maupun medan jalan
yg turun naik serta ingin merasakan berat ringan kayuhan ,maka tromol
perseneling ini bisa jadi pilihan yg tepat . Selain itu sepeda gazelle
kebanggaan anda akan tampil memukau dgn tromol perseneling asli Gazelle
yg keberadaannya di Indonesia bisa di hitung dgn jari satu tangan saja ,
itu perkiraan paling banyak jumlahnya.
0 komentar:
Posting Komentar